David A.Aaker
mendefinisikan Brand adalah nama dan atau simbol yang bersifat membedakan
(seperti sebuah logo, cap atau kemasan) dengan maksud mengidentifikasi barang
atau jasa dari seorang penjual atau sebuah kelompok penjual tertentu. Dengan
demikian suatu brand membedakannya dari barang dan jasa yang dihasilkan oleh
kompetitor. Sedangkan William J. Stanton mendefinisikan Brand
adalah nama, istilah, simbol atau desain khusus atau beberapa kombinasi unsur
¬unsur ini yang dirancang untuk mengidentifikasikan barang atau jasa yang
ditawarkan oleh penjual.
Tapi
menurut @yochi_huftt, brand itu merupakan suatu identitas baik berupa tulisan, simbol, dll yang dimiliki baik
personal / kelompok / lembaga / perusahaan yang dapat dikenal banyak orang
sebagai ciri khas yang membedakan satu dengan yang lain. Dan brand memiliki
nilai yang sangat mahal.
Misal,
di jogja ini ada banyak warung steak, namun yang familiar di telinga kita yaitu
Waroeng Steak atau biasa disapa dengan sebutan WS. Ternyata ada resto serupa
yang memakai brand Warung Steak, dengan logo yang sangat-sangat mirip dengan
Waroeng Steak. Apabila konsumen kurang
teliti, maka akan mudah sekali terkecoh. Namun apabila disuruh memilih antara
keduanya lebih banyak yang memilih waroeng steak karena brandnya lebih kuat
dibanding dengan warung steak. Padahal apabila kita survey ke kedua resto
tersebut rasanya tidak jauh berbeda. Tetapi tetap saja mereka memiliki brandnya
masing-masing. Warung Steak ada didaerah Purwomartani, mungkin sesekali anda
perlu survey kesana untuk sekedar mengamati logo restonya :)
Logo
dan Brand (merek) adalah suatu unsur yang sangat berpengaruh dalam sebuah
perusahaan. Keduanya berfungsi sebagai identitas yang mereprentasikan citra
sebuah perusahaan dimata konsumen.
Top brand,
indikator penilaiannya bisanya menggunakan alat ukur luas pengenalan masyarakat
terhadap brand tersebut (mind share & market share) dan loyalitas pelanggan
untuk tetap menggunakan brand tersebut (commitment share). Hasil survey ini
bagi sebagian kalangan dianggap sebagai alat ukur yang tepat untuk menentukan
positioning suatu produk di pasaran.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar