Welcome !!!! "\(^o^)/"

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini. Semoga bermanfaat :)

Jumat, 27 April 2012

Brand !!! Opo kuwi Brand? (Apa itu Brand?)


David A.Aaker mendefinisikan Brand adalah nama dan atau simbol yang bersifat membedakan (seperti sebuah logo, cap atau kemasan) dengan maksud mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang penjual atau sebuah kelompok penjual tertentu. Dengan demikian suatu brand membedakannya dari barang dan jasa yang dihasilkan oleh kompetitor. Sedangkan  William J. Stanton mendefinisikan Brand adalah nama, istilah, simbol atau desain khusus atau beberapa kombinasi unsur ¬unsur ini yang dirancang untuk mengidentifikasikan barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual.
Tapi menurut @yochi_huftt, brand itu merupakan suatu identitas baik  berupa tulisan, simbol, dll yang dimiliki baik personal / kelompok / lembaga / perusahaan yang dapat dikenal banyak orang sebagai ciri khas yang membedakan satu dengan yang lain. Dan brand memiliki nilai yang sangat mahal.
Misal, di jogja ini ada banyak warung steak, namun yang familiar di telinga kita yaitu Waroeng Steak atau biasa disapa dengan sebutan WS. Ternyata ada resto serupa yang memakai brand Warung Steak, dengan logo yang sangat-sangat mirip dengan Waroeng Steak.  Apabila konsumen kurang teliti, maka akan mudah sekali terkecoh. Namun apabila disuruh memilih antara keduanya lebih banyak yang memilih waroeng steak karena brandnya lebih kuat dibanding dengan warung steak. Padahal apabila kita survey ke kedua resto tersebut rasanya tidak jauh berbeda. Tetapi tetap saja mereka memiliki brandnya masing-masing. Warung Steak ada didaerah Purwomartani, mungkin sesekali anda perlu survey kesana untuk sekedar mengamati logo restonya :)
Logo dan Brand (merek) adalah suatu unsur yang sangat berpengaruh dalam sebuah perusahaan. Keduanya berfungsi sebagai identitas yang mereprentasikan citra sebuah perusahaan dimata konsumen.
Top brand, indikator penilaiannya bisanya menggunakan alat ukur luas pengenalan masyarakat terhadap brand tersebut (mind share & market share) dan loyalitas pelanggan untuk tetap menggunakan brand tersebut (commitment share). Hasil survey ini bagi sebagian kalangan dianggap sebagai alat ukur yang tepat untuk menentukan positioning suatu produk di pasaran. 

 
Sumber :


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar